SD

Peserta Didik Homeschooling Bisa Ikut Unas

SURABAYA – Kesulitan dalam mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) selama ini sering dikeluhkan orang tua yang memilih untuk mendidik anaknya di rumah (homeschooling). Namun, kini mereka tak perlu khawatir. Sebab, anak-anak mereka tidak hanya mendapat jaminan bisa mengikuti UNPK, tapi juga ujian nasional (unas) di sekolah formal. Kebijakan tersebut…

Homeschooling TK & SD

Homeschooling untuk anak usia TK dan SD merupakan salah satu langkah awal mendampingi anak secara intensif sedari dini. Orang tua dapat turut  aktif dalam program pembelajaran yang dilalui anak. Jadwal belajar yang lebih leluasa di homeschooling juga memungkinkan interaksi orang tua dan anak lebih banyak.

Pendampingan dari pengajar-pengajar homeschooling diberikan  untuk membantu individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan belajar serta menggali potensi yang dimiliki siswa.  Bimbingan belajar bagi siswa sekolah dasar lebih difokuskan pada usaha-usaha untuk meningkatkan prestasi belajar.   Siswa diharapkan dapat memiliki sikap positif, kebiasaan belajar yang baik dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi akademik serta sukses dalam akademiknya. Sementara bagi siswa usia TK, bimbingan belajar lebih difokuskan  untuk pengenalan materi-materi belajar melalui permainan, bacaan, ataupun pengamatan agar lebih mandiri dan siap menghadapi jenjang belajar selanjutnya.

Bagi siswa yang memiliki kegiatan di luar sekolah, juga sangat terbantu untuk optimalisasi kemampuannya. Bakat atau minat yang diasah sedari dini membuat anak lebih baik pula prestasinya di masa mendatang.

Selain itu kegiatan-kegiatan positif siswa di luar sekolah, juga bisa didokumentasikan oleh orang tua siswa untuk dijadikan portofolio nilai praktek. Kegiatan tersebut contohnya berolahraga renang, menanam bunga di halaman rumah, beribadah di Masjid, dan lain sebagainya.

Homeschooling Mayantara memungkinkan siswa memilih sendiri jadwal belajar yang diinginkan. Orang tua bisa memilih sistem pembelajaran melalui kelas online, privat maupun kelompok. Masing-masing sistem tersebut disesuaikan dengan kebutuhan siswa.