Tips Sederhana Persiapan SBMPTN Siswa Homeschooling

Tips Sederhana Persiapan SBMPTN Siswa Homeschooling

Tips Sederhana Persiapan SBMPTN Siswa Homeschooling

Apa saja tips sederhana untuk ? Anda penasaran ingin mengetahui secara detail apa saja yang mesti dilakukan? Yuk langsung saja simak ulasannya secara lengkap di dalam artikel ini.

Seperti diketahui, SBMPTN merupakan salah jalur untuk masuk ke universitas atau perguruan tinggi negeri yang diidamkannya. Ada cukup banyak peserta dari lulusan SMA/SMK yang mengikutinya sehingga tingkat persaingan agar bisa lolos dan diterima di fakultas yang diinginkannya bukanlah hal yang muda. Bahkan tak sedikit mereka yang tidak lolos SBMPTN tidak akan patah semangat dan masih ingin mencoba mengikutinya lagi di tahun berikutnya.

SBMPTN tidak hanya bisa diikuti oleh mereka yang lulusan SMA/SMK, namun bisa juga diikuti oleh anda yang menempuh pendidikan melalui homeschooling. Tentu menjadi tantangan bagi anda untuk mengikuti SBMPTN ini karena anda perlu melakukan persiapan yang lebih baik untuk mengikuti SBMPTN tersebut.

persiapan SBMPTN siswa homeschooling

Lantas bagaimana sih langkah atau tips persiapan SBMPTN siswa homeschooling, yang sebaiknya dilakukan?

4 Langkah Penting Persiapan SBMPTN Siswa Homeschooling

Agar berhasil lolos dalam ujian SBMPTN tentunya membutuhkan persiapan khusus. Dengan persiapan yang baik anda diharapkan bisa menentukan atau memperkirakan presentase keberhasilan Anda untuk lulus dari ujian tersebut. Terutama bagi siswa homeschooling, dimana persiapannya akan lebih banyak dibanding dengan mereka yang sekolah di SMA formal.

Baca juga: Ujian Paket B

Berikut ini beberapa tips sederhana persiapan SBMPTN siswa homeschooling yang dapat anda coba agar anak-anak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang diinginkannya.

1.Lulus Ujian Paket C

Salah satu syarat untuk mengikuti SBMPTN adalah lulus dan telah memiliki ijazah SMA atau sederajatnya, sehingga bagi anda yang homeschooling pastikan untuk lulus terlebih dahulu dari ujian paket C. Dengan begitu anda telah memenuhi salah satu persyaratan mengikuti ujian SBMPTN.

2.Persiapkan Semua Persyaratan Mengikuti SBMPTN

Selain ijazah paket C, anda juga perlu menyiapkan persyaratan SBMPTN lain seperti surat keterangan bebas NAPZA, pas foto berwarna terbaru, dan persyaratan lainnya yang diperlukan. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan ketika mendaftar, sehingga hal ini akan memudahkan anda pula karena tidak perlu bolak-balik menyerahkan persyaratan yang kurang.

3.Pelajari Materi Sesuai dengan Jurusan yang Dipilih

Anda perlu mempelajari semua materi dari awal sesuai dengan jurusan yang dipilih, terutama untuk ujian soal umum. Bagi anda yang homeschooling tentu kesulitan karena tidak memiliki bahan belajar soal umum dan jurusan. Namun anda bisa mendapatkannya dengan meminjam materi kepada teman yang sekolah reguler, meminjam di perpustakaan daerah, mencari referensi di internet, dan masih banyak cara lain agar materi bisa didapatkan.

4.Gunakan Cara Belajar Efektif

Agar semua materi dapat dikuasai dengan baik, anda perlu menggunakan cara belajar yang efektif. Cara belajar ini dapat anda lakukan sesuai dengan kesukaan gaya belajar anda seperti misalnya dengan cara membaca dengan hanya fokus pada satu mata pelajaran dan dilanjutkan dengan pelajaran lainnya, menonton uraian materi di YouTube, atau dengan cara mendengarkan kuliah online atau daring yang ada di internet. Usahakan anda tetap merasa tenang dan senang, sehingga belajar menjadi tidak membosankan.

Itulah sedikit tips sederhana persiapan SBMPTN siswa homeschooling yang semoga bermanfaat untuk Anda dalam mempersiapkan anak-anaknya. Namun tips atau langkah di atas tidak bisa menjamin seratus persen berhasil apabila tidak ada kemauan, sehingga kunci utama sukses SBMPTN adalah kemauan yang kuat untuk lulus. Semangat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *