Pentingnya Ijazah Homeschooling dan Tips untuk Mendapatkannya

Pentingnya Ijazah Homeschooling dan Tips untuk Mendapatkannya

Pentingnya Ijazah Homeschooling dan Tips untuk Mendapatkannya

Masalah merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian para orang tua yang ingin melaksanakan sekolah rumah. Mereka tidak ingin menyekolahkan anak-anaknya di sekolah formal karena berbagai alasan. Namun tak sedikit orang tua yang masih ragu dengan model pendidikan alternatif ini, khususnya menyangkut legalitas maupun ijasahnya.

Selama ini tak sedikit perdebatan tentang seberapa pentingnya selembar ijasah dalam meraih masa depan yang lebih baik. Kelompok yang menolak ijasah umumnya bercermin dari budaya Barat yang memang tidak mengutamakan ijasah melainkan lebih pada kemampuan. Namun masyarakat Barat juga sangat mengutamakan legalitas berbentuk ijasah melalui sistem dan prosedur yang ketat dan standar dan dikeluarkan hanya oleh lembaga tertentu.

Para orang tua sebaiknya tak perlu larut dalam perdebatan tentang penting tidaknya ijasah. Bagaimana pun dengan selembar ijasah orang tua tak perlu melakukan penjelasan panjang lebar atau unjuk kebolehan anaknya yang akan memakan banyak memakan waktu dan tenaga untuk meyakinkan pihak lain. Dengan selembar ijasah pula kita bisa mengurus berbagai hal secara lebih efektif dan efisien.

ijazah homeschooling

Legalitas Ijazah Homeschooling

Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) melalui UU no. 20/2003 sudah mengatur tentang adanya 3 (tiga) jalur pendidikan yang diakui pemerintah, yaitu:

  • Pendidikan Formal (Persekolahan)
  • Pendidikan Non-Formal (Kursus)
  • Pendidikan Informal (Pendidikan oleh Keluarga atau Lingkungan)

Dalam UU Sisdiknas No 20/2003 Pasal 27 menyebutkan bahwa:

  1. “Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.”
  2. “Hasil pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.”

Dengan penjelasan di atas sangat jelas bahwa pendidikan mandiri dalam keluarga sudah diakui secara syah dan legal. Termasuk menyangkut hasil ujian atau hasil pendidikannya setelah lulus ujian sesuai ketentuan standar nasional pendidikan. Meskipun pemerintan tidak menggunakan istilah homeschooling, home school, home education, ataupun sekolah rumah namun pada dasarnya sama dengan pendidikan informal dalam keluarga.

Cara Memperoleh Ijazah Homeschooling

Lebih lanjut, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 129 Tahun 2014 juga mengatuir secara lebih detail tentang Sekolah Rumah. Pemerintah juga telah mengatur bagaimana cara memperoleh ijazah homeschooling, yang setidaknya bisa diperoleh melalui beberapa lembaga, yang meliputi:

1.Melalui PKBM

Legalitas ijazah homeschooling bisa diperoleh anak-anak sekolah rumah dengan mengikuti ujian kesetaraan pendidikan keluarga (UNPK). Ujian kesetaraan yang disediakan pemerintah terdiri dari tiga paket, yang meliputi Ujian Paket C (setara SMA), Ujian Paket B (setara SMP), dan Ujian Paket A (setara SD).

Ujian Kesetaraan atau Ujian Paket ini diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di setiap kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Jika anak lulus dalam ujian kesetaraan, maka akan diperoleh ijasah sesuai dengan paket yang diikutinya.

  • Ijasah Paket C (setara SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi)
  • Ijasah Paket B (setara SMP untuk melanjutkan ke SMA)
  • Ijasah Paket A (setara SD untuk melanjutkan ke SMP)

2.Melalui Sekolah Payung (Umbrella School)

Sekolah Payung (Umbrella School) adalah istilah untuk sekolah formal yang bersedia atau ditunjuk Dinas Pendidikan setempat untuk memfasilitasi anak-anak homeschooling yang ingin mengikuti Ujian Nasional di sekolahnya. Namun belum semua daerah memiliki sekolah payung sehingga belum semua anak homeschooling bisa mengikuti ujian nasional homeschooling di sekolah formal.

3.Melalui Jalur non Diknas

Selain jalur yang difasilitas dinas pendidikan, ijasah homeschooling bisa diperoleh dari pihak lain, seperti Cambridge, SAT, dan lainnya. Namun jalur ini umumnya dimanfaaatkan untuk melengkapi ijasah dari UN ataupun UNKP, khususnya untuk anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

Itulah informasi tentang ijazah homeschooling yang bisa diperoleh anak-anak sekolah rumah yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *