Menyoal Kelanjutan Studi Homeschooling

Menyoal Kelanjutan Studi Homeschooling

Bagaimana sih masa depan dan ? Apakah anak-anak homeschooling bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi? Apakah anak-anak homeschooling bisa melanjutkan pendidikannya ke sekolah formal? Apakah anak-anak homeschooling bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, baik di dalam negeri atau di luar negeri?

Itulah beberapa pertanyaan dan kekhawatiran yang kerap muncul tentang masa depan pendidikan anak-anak yang dididik dengan model homeschooling. Apakah benar masa depan pendidikan anak-anak homeschooling sangat terbatas dan tidak seluas anak-anak sekolah formal?

Saat ini keberadaan homeschooling sudah diakui negara maupun pemerintah. Undang-Undang Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) telah mengakui adanya tiga jalur pedidikan, yaitu jalur pendidikan formal (sekolah), jalur pendidikan nonformal (kursus), dan jalur Pendidikan informal (pendidikan oleh keluarga dan masyarakat).

Legalitas homeschooling juga telah dipertegas melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 129/2014 tentang Sekolah Rumah. Dengan demikian maka kedudukan homeschooling setara dengan bentuk pendidikan lainnya yang diselenggarakan pemerintah.

Peluang Kelanjutan Studi Homeschooling

Pada artikel sebelumnya juga telah dibahas tentang ijazah homeschooling yang bisa diperoleh melalui sejumlah cara. Kementerian Pendidikan Nasional secara rutin setiap tahun menyelenggarakan ujian kesetaraan sesuai level pendidikan. Anak-anak yang dididik dalam sekolah rumah yang ingin melanjutkan pendidikannya diharuskan memiliki ijasah yang diperoleh dari ujian kesetarana tersebut.

Berikut ini beberapa jalur yang bisa diikuti anak homeschooling yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Ujian Paket A – Ujian kesetaraan ini untuk anak-anak level SD yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Ujian Paket B – Ujian kesetaraan ini untuk anak-anak level SMP yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Ujian Paket C – Ujian kesetaraan ini untuk anak-anak level SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Ujian kesetaraan ini diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM yang ada di setiap kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Untuk mencari informasi tentang PKBM ini Anda bisa menghubungi dinas pendidikan setempat yang ada di kota Anda.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan bagi para orang tua yang ingin agar anak-anaknya yang dididik dengan homeschooling dan ingin melanjutkan pendidikannya, maka sebaiknya harus sering berkoordinasi ataupun berkonsultasi dengan dinas pendidikan setempat.

Ada sejumlah manfaat yang akan Anda dapatkan jika sering berhubungan dengan dinas pendidikan. Diantaranya Anda juga bisa mendaftar untuk mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik sebagai syarat untuk mengikuti ujian kesetaraan.

Baca juga: Model Pembelajaran Homeschooling

Untuk kepentingan kelanjutan studi homeschooling anak-anak, Anda juga diharuskan membuat report atau laporan evaluasi kemajuan pendidikan dari homeschooling yang disampaikan secara periodik kepada dinas pendidikan setempat. Report ini juga merupakan syarat agar bisa mengikuti ujian keseteraan. Termasuk kemungkinan mengikuti ujian nasional di ‘sekolah payung’ yang ditunjuk atau diketahui dinas pendidikan.

Sekolah payung adalah istilah untuk sekolah formal yang bersedia memfasilitasi anak-anak homeschooling yang ingin mengikuti ujian nasional. Meskipun ijasah Paket A, B, atau C setara dengan sekolah formal namun jika ada anak yang ingin mengikuti langsung ujian nasional (UN) bisa mengikuti melalui sekolah payung yang bersedia.

Selain melalui dinas pendidikan, ada juga cara lain yang bisa ditempuh untuk anak-anak homeschooling yang ingin melanjutkan pendidikannya, khususnya ke perguruan tinggi. Bahkan sejumlah lembaga, seperti Cambridge juga menyediakan layanan untuk yang ingin menempuh kuliah di luar negeri.

Itulah informasi tentang langkah dan cara bagi orang tua yang ingin agar anak-anak homeschooling bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan setaranya ijasah anak sekolah rumah, maka mereka juga memiliki kesempatan yang sama menyangkut kelanjutan studi homeschooling, termasuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *