Mempersiapkan Ujian Paket C untuk Anak Homeschooling

Mempersiapkan Ujian Paket C untuk Anak Homeschooling

Mempersiapkan Ujian Paket C untuk Anak Homeschooling

Mengikuti bagi anak-anak homeschooling merupakan tahapan penting untuk masa depan pendidikannya. Apalagi tak sedikit anak-anak yang dididik dengan sistem homeschooling memiliki potensi dan bakat yang sangat besar. Karena itulah penting untuk menyediakan layanan terbaik agar hak anak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas setinggi mungkin terwujud dengan baik tanpa adanya halangan.

Homeschooling merupakan model pendidikan alternatif yang terfokus pada kebutuhan dan bakat anak. Anak tak lagi dijejali dengan berbagai aturan yang seragam dan pelajaran yang tidak dibutuhkannya seperti yang selama ini berlaku dalam sistem pendidikan persekolahan formal.

Popularitas homeschooling makin menanjak dalam beberapa tahun terakhir. Tak sedikit keluarga yang lebih memilih konsep pendidikan di rumah untuk anak-anaknya. Bahkan banyak artis yang juga menerapkan sekolah di rumah ini, seperti Bryan Domani, Aliando, Al Gozali, Aurel Hermansyah, Randy Pangalila, Citra Scholastika (jebolan Indonesia Idol), Stuart Collin, dan Mika Tambayong. Bahkan keluarga Gen Halilintar dengan 11 anaknya juga menerapkan homeschooling.

Cara Mengikuti

Meskipun menerapkan model sekolah rumah, namun evaluasi terhadap hasil pendidikan mereka juga dilakukan. Apalagi jika mereka ingin melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi, maka anak-anak homeschooling harus mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK).

ujian paket C homeschooling

Ada tiga bentuk Ujian Kesetaraan yang biasanya diselenggarakan, yaitu Ujian Paket A untuk anak SD, Ujian Paket B untuk anak SMP, dan Ujian Paket C untuk anak usia SMA. Selain akan mendapatkan ijasah jika lulus ujian kesetaraan ini, anak-anak homeschooling yang lulus Ujian Paket C bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi yang diinginkannya.

Meskipun lulus Ujian Paket C namun ijasah yang diperoleh setara dengan ujian nasional seperti sekolah formal dan anak homeschooling memiliki hak yang sama untuk mendaftar dan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Bahkan kabarnya, materi ujian Ujian Paket C tak kalah sulitnya dibandingkan ujian nasional SMA.

Ujian kesetaraan dilaksanakan setahun sekali dan biasanya jadwal pelaksanaannya seminggu setelah ujian nasional. Aturan tentang ujian kesetaraan biasanya diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan maupun ketentuan yang diatur oleh BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai penyelenggara. Karena itulah jika anak-anak Anda yang menerapkan sekolah rumah ingin mengikuti ujian kesetaraan perlu mengikuti aturan ter-update yang ada.

Persiapan Ujian Paket C Homeschooling

Agar bisa mengikuti ujian kesetaraan melalui Ujian Paket C, ada sejumlah hal yang sebaiknya Anda persiapkan dengan baik, yang meliputi:

  1. Anak harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN yang terdaftar pada Dapodik. NISN merupakan nomor identitas siswa yang berfungsi untuk semua jalur pendidikan maupun untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
  2. Agar bisa mengikuti ujian kesetaraan, anak juga harus mendaftarkan diri terlebih dahulu setidaknya setahun sebelumnya. Orang tua bisa mendaftarkan anaknya pada Pusat Kegiatan Belajar Mengajar atau PKBM di Dinas Pendidikan setempat.
  3. Anak homeschooling juga harus mempunyai laporan hasil belajar lengkap yang disampaikan orangtuanya kepada Dinas Pendidikan setempat. Karena itulah untuk anak-anak yang ingin membutuhkan ujian kesetaraan harus melaporkan kegiatan homeschooling beserta laporan evaluasinya secara periodik.

Baca juga: Sistem Pembelajaran Homeschooling

Itulah berbagai hal yang mesti diketahui para orang tua yang ingin mengikutsertakan anak-anaknya yang mengikuti sekolah rumah agar bisa mengikuti ujian kesetaraan. Sedangkan untuk pelajaranyang biasanya diujikan dalam Ujian Paket C antara lain:

  • Program IPS : Bahasa Indonesia, Matematika, PKn, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.
  • Program IPA : Bahasa Indonesia, Matematika, PKn, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, dan Fisika.

Demikianlah informasi tentang ujian paket C untuk anak-anak homeschooling dan apa saja yang perlu disiapkan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *