Keunggulan dan Manfaat Pergaulan Anak Homeschooling

Keunggulan dan Manfaat Pergaulan Anak Homeschooling

Keunggulan dan Manfaat Pergaulan Anak Homeschooling

Pernahkah anda berpendapat bahwa itu buruk atau kurang luas? Jika benar, beberapa informasi mengenai manfaat homeschooling bagi pergaulan anak ini akan mengubah pandangan anda.

Mendengar kata homeschooling tentunya membuat beberapa orang berpikiran tentang anak yang sibuk belajar di rumah, dengan sosialisasi lebih minim dibanding dengan mereka yang sekolah formal secara reguler. Sebenarnya pandangan ini tidak sepenuhnya salah, namun saat ini cukup banyak anak homeschooling yang malah pergaulannya lebih luas dibanding dengan mereka yang sekolah reguler.

Pada dasarnya anak homeschooling memiliki waktu yang lebih banyak untuk bersosialisasi, bahkan cakupan sosialisasi mereka lebih luas karena mereka bisa berteman dengan mudah antar lintas usia. Sehingga dapat diketahui bahwa pergaulan anak homeschooling sebenarnya memiliki kelebihan dan manfaat, dimana penjelasan manfaatnya akan dijelaskan di dalam artikel ini.

pergaulan anak homeschooling

Manfaat Pergaulan Anak Homeschooling

Homeschooling pada dasarnya bertujuan untuk membuat anak memperoleh pendidikan yang bermutu dan mempunyai kecakapan yang berguna untuk kehidupannya. Karena itulah sosialisasi menjadi salah satu yang tidak terlewat dari aktivitas dalam homeschooling.

Berikut ini beberapa manfaat pergaulan anak homeschooling yang sebenarnya tidak terbatas.

1. Pergaulan yang Lebih Aman

Homeschooling sebenarnya dapat menciptakan atau mengkondisikan pergaulan yang lebih aman buat anak. Hal ini dikarenakan orang tua dapat memantau secara langsung pertemanan anak tanpa perlu khawatir anak terjerumus ke dalam pergaulan yang membuatnya menjadi buruk. Tentunya hal ini tidak jauh dari peran orang tua dan pengajarnya, sehingga lingkungan rumah juga sangat berpengaruh pada pergaulan anak homeschooling ini.

2. Agama Dapat Dipelajari Lebih Baik

Anak homeschooling sebenarnya memiliki kesempatan untuk mempelajari agama lebih baik dibanding mereka yang bersekolah reguler, sehingga moral anak diharapkan menjadi lebih baik karena adanya pendalaman agama ini. Tentunya ajaran agama ini akan berpengaruh pada kehidupan sosial anak, dimana ajaran moral yang terkandung didalamnya juga akan mempengaruhi anak untuk bersikap di dalam masyarakat.

3. Pergaulan Lintas Usia

Anak homeschooling juga berkesempatan untuk menciptakan pergaulan yang lebih luas, yaitu pergaulan lintas usia. Anak homeschooling sendiri bersosialisasi langsung melalui lingkungannya, sehingga bukan tidak mungkin jika mereka bersosialisasi dengan mereka yang lebih tua atau bahkan lebih muda. Apalagi jika orang tua mengikutsertakan anak-anak mereka dalam homeschooling komunitas ataupun homeschooling lembaga dimana pengajarannya melibatkan anak dari usia yang lebih beragam.

Baca juga: Persiapan SBMPTN Siswa Homeschooling

Pergaulan antar lintas usia inilah yang nantinya bermanfaat ketika anak homeschooling terjun langsung ke masyarakat. Hal ini dikarenakan mereka tidak akan merasakan kesenjangan atau canggung dengan mereka yang usianya jauh di atas atau di bawahnya.

4. Siap Terjun ke Masyarakat

Anak homeschooling sebenarnya memiliki kesiapan yang lebih untuk terjun ke masyarakat. Hal ini dikarenakan mereka pada dasarnya sudah terbiasa dengan hal tersebut. Anak homeschooling belajar langsung melalui lingkungannya sehingga mereka sudah terbiasa akan kondisi lingkungan sehari-hari. Apalagi kesiapan mental anak yang dididik dalam sekolah ruah ini lebih terstruktur sehingga lebih percaya diri dibandingkan anak-anak sekolah formal yang umumnya justru sering takut berbicara di depan umum.

Beberapa manfaat pergaulan anak homeschooling tersebut menunjukkan bahwa homeschooling juga dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan karakter anak, terutama karakter mereka dalam bersosialisasi. Sehingga sebenarnya anak homeschooling juga memiliki kesempatan bersosialisasi yang sama dengan mereka yang bersekolah reguler. Bahkan mungkin bisa saja keterampilannya dalam bergaul dan bersosialisasi lebih mumpuni.

Demikianlah informasi tentang pergaulan anak homeschooling yang semoga dapat meningkatkan wawasan dan menambah mantap Anda yang ingin menerapkan sekolah rumah ini dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *