Kelas Online Homeschooling, Sumber Belajar Tanpa Batas

Kelas Online Homeschooling, Sumber Belajar Tanpa Batas

Kelas Online Homeschooling, Sumber Belajar Tanpa Batas

– Fleksibilitas pembelajaran homeschooling membuat model sekolah di rumah bisa memilih sumber belajar yang diinginkannya. Selama ini kita mengenal sumber belajar dari buku dan literatur fisik. Mengunjungi perpustakaan merupakan salah satu aktivitas belajar langsung dengan memanfaatkan berbagai literatur yang ada.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, saat ini internet juga telah menjadi salah satu sumber belajar yang sangat besar dengan beragam jenis materi yang bisa dimanfaatkan secara optimal. Melalui internet, anak-anak juga bisa belajar apa saja yang dibutuhkan.

kelas online homeschooling

Manfaat Internet Sebagai Media Pembelajaran Homeschooling

Ada banyak manfaat menggunakan internet sebagai media pembelajaran dan kelas online homeschooling, yaitu meliputi:

Materi Belajar yang Tidak Terbatas

Internet menyediakan informasi yang tidak terbatas, dari bentuk buku, ebook, hasil penelitian, pelajaran sekolah, hingga bahasa asing. Orang tua dan anak-anak yang belajar model homeschooling bisa memilih dan mengakses internet dengan memilih materi pembalajaran yang dibutuhkan. Dengan internet pula kesempatan anak-anak di suatu negara untuk maju dan berkembang setara dengan anak-anak dari belahan dunia lainnya.

Jenis Pelajaran yang Sangat Bervariasi

Belajar tak lagi bersumber dari guru dan sekolah karena internet telah menjadi sumber ilmu alternatif dengan materi yang sangat bervariasi. Bahkan melalui internet Anda bisa belajar bahasa asing langsung dari sumbernya, baik yang gratis maupun yang berbayar. Anda juga bisa mengunjungi berbagai perpustakaan online dari berbagai negara di seluruh dunia.

Baca juga: Homeschooling Anak Berkebutuhan Khusus

Sangat bervariasinya sumber belajar di internet tentunya memberikan kebebasan bagi orang tua homeschooling untuk memilih materi yang dibutuhkan anak-anaknya. Bahkan tak sedikit online course atau kursus online gratis yang tersedia dan bisa diikuti anak-anak untuk berbagai jenis bidang keahlian.

Bisa Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Internet yang bisa diakses selama 24 jam nonton membuatnya menjadi sumber belajar yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Orang tua atau tentor yang telah ditunjuk bisa merumuskan materi pelajaran yang mesti dilakukan anak-anak melalui internet. Ada banyak metode yang bisa diterapkan melalui pembelajaran kelas online homeschooling.

Tak Perlu Takut Ketinggalan Pelajaran

Sebagai sumber belajar, internet juga menyediakan beragam jenis materi yang sangat lengkap. Kalaupun ada materi konten yang terbagi dalam beberapa tahapan, semuanya bisa diakses sesuai dengan tahapannya. Karena itulah anak-anak tak perlu takut ketinggalan pelajaran online.

Dengan materi yang ada, tentor atau guru juga bisa membuatkan acuan sekaligus pendampingan agar hasil belajarnya lebih efektif. Misalnya, anak-anak yang ingin belajar tentang bahasa asing, orang tua atau tentor tinggal mengarahkan anak-anak untuk mengakses suatu website dan apa saja yang mesti dipelajari.

Situs Pilihan untuk Kelas Online Homeschooling

Ada banyak sekali website atau situs yang menyediakan kelas online homeschooling yang bisa Anda pilih dan manfaatkan. Layanan ini banyak yang disediakan secara gratis sehingga akan memudahkan anak-anak dalam mempelajari dan menguasai suatu materi pelajaran.

Di bawah ini ada sejumlah situs kursus atau kelas online yang bisa Anda manfaatkan untuk pembelajaran homeschooling.

IndonesiaX

Website ini menawarkan beragam jenis materi pelajaran yang bisa Anda pilih, mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, hingga matematika. Kanal online ini dibangun dengan bekerjasama dan menggandeng sejumlah universitas, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan lainnya. Selain materi pelajaran yang bisa dipilih juga tersedia latihan tes mingguan maupun ujian akhir dan disediakan sertifikat bagi yang lulus. Untuk detailnya silahkan kunjungi www.indonesiax.co.id.

sekolahPINTAR

Laman belajar online ini terutama untuk anak-anak yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Materi pelajaranpun cukup variatif, seperti bahasa, teknologi, hingga fashion. Kanal sekolahpintar.com juga menyediakan pilihan kelas yang gratis maupun yang berbayar yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

MOOCs Universitas Terbuka

MOOCs Universitas Terbuka merupakan kepanjangan dari Massive Open Online Courses (MOOCs). Laman kursus dari Universitas Terbuka ini disediakan untuk anak-anak yang akan memasuki masa kuliah. Selain gratis, kanal ini juga menyediakan sertifikat untuk yang berhasil menyelesaikan pembelajarannya di sini. Untuk bisa mengikuti tinggal mengunjungi websitenya di moocs.ut.ac.id dan mendaftarkan anak-anak lalu memilih kursus yang diinginkan.

Itulah informasi tentang kelas online homeschooling yang bisa menjadi sumber belajar tanpa batas untuk anak-anak Anda, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *