Gaya Pengajaran Homeschooling yang Perlu Anda Tahu

Gaya Pengajaran Homeschooling yang Perlu Anda Tahu

Gaya Pengajaran Homeschooling yang Perlu Anda Tahu

dikenal sangat fleksibel dalam menumbuh-kembangkan potensi dan bakat anak. Namun sudah tahukah anda bagaimana detail cara pengajaran dalam homeschooling? Jika anda belum mengetahuinya, simaklah ulasannya di dalam artikel kali ini.

Homeschooling sedang menjadi trend saat ini dimana sudah cukup banyak orang tua yang memilih menggunakan metode homeschooling sebagai cara atau sistem belajar dari anak-anak mereka. Model pendidikan homeschooling memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk memilih sendiri materinya, dimana mereka bisa mendapatkan ilmu tanpa harus pergi ke sekolah.

Gaya pengajaran homeschooling sendiri terdiri dari beberapa metode yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan ataupun potensi anak. Sebagai penanggung jawab, orang tua bisa memilih salah satu atau melakukan modifikasi dari beberapa metode yang ada. Lantas apa saja apa saja gaya pengajaran homeschooling itu, silahkan simak penjelasannya yang akan diulas secara detail di bawah ini.

5 Model Gaya Pengajaran Homeschooling

Dalam menerapkan model pembelajaran homeschooling biasanya setiap orang tua ataupun pengajar menerapkan metode yang berbeda-beda, dimana biasanya metode yang dipilih sesuai dengan selera anak atau ketentuan dari orang tua sendiri.

gaya pengajaran homeschooling

Berikut ini beberapa gaya pengajaran homeschooling yang perlu anda tahu, sehingga bisa menjadi referensi jika anda berminat untuk menerapkan homeschooling ini.

1. Metode Belajar Sendiri atau Independen

Dalam metode independen ini cara pengajarannya adalah orang tua memilih untuk hanya memberitahu bagaimana cara belajar kepada anak. Selebihnya anak dibiarkan untuk belajar sendiri, orang tua hanya berperan membantu meyakinkan anak dalam mengembangkan kemampuannya. Metode ini dianggap berhasil apabila anak dapat menemukan metode belajarnya sendiri. Selain itu anak juga dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya sendiri secara mandiri.

2. Metode Sekolah Tradisional atau Textbook

Metode sekolah tradisional atau textbook ini bertujuan untuk meminimalisir kesenjangan pelajaran dengan sekolah pada umumnya, sehingga cara belajarnya dengan mempelajari mater-materi yang diajarkan di sekolah. Biasanya bahan pelajaran yang digunakan sama dengan buku-buku yang diajarkan di sekolah, sehingga orang tua dapat memastikan bahwa pelajaran yang didapatkan anaknya sama dengan anak-anak lain.

3. Metode Elektrik

Metode elektrik yaitu cara pengajaran dengan membebaskan anak untuk memilih metode sesuai dengan kebutuhannya, sehingga metode yang digunakan bisa berubah-ubah dan fleksibel sesuai dengan keinginan anak. Tentunya hal ini akan meminimalisir kebosanan anak dalam belajar sekaligus untuk mengoptimalkan potensi dan bakat yang dimiliki anak.

Baca juga: Pergaulan Anak Homeschooling

4. Metode Berbasis Komputer

Cara pengajaran berbasis komputer cukup populer saat ini, terutama bagi anak-anak yang sudah mengenal teknologi seperti komputer. Tentu hal ini juga akan mempermudah anak dalam mencari bahan referensi, bahkan anak bisa mengikuti pelajaran secara online. Bahkan tak sedikit lembaga luar negeri yang menyediakan pembelajaran secara online yang diberikan gratis, seperti pelajaran bahasa asing, program komputer, hingga teknologi.

5. Metode Klasik

Metode klasik dari homeschooling ini terdiri dari tiga tahap, dimana tahap pertama yaitu siswa dituntun untuk mempelajari cara belajar dan dituntun untuk mengasah kemampuannya dalam mengingat. Kemudian pada tahap dua tercipta sambungan-sambungan dari semua fakta yang sebelumnya telah dipelajari, selanjutnya pada tahap ketiga siswa diharapkan dapat memberikan pendapatnya sendiri terhadap sambungan-sambungan dari fakta tersebut.

Pada dasarnya cara pengajaran homeschooling bisa berhasil apabila membuat anak nyaman belajar dan menjadi lebih berkembang, sehingga orang tua perlu memastikan bahwa cara pengajaran atau metode yang dipilih dapat membuat anak nyaman.

Demikian informasi tentang berbagai gaya pengajaran homeschooling yang semoga bisa menambah referensi Anda, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *